Suzuki Ertiga GL AT

Di tahun 2012, Suzuki mulai memprkenalkan varian bernama Ertiga. Saat itu, tipe yang dikeluarkan adalah tipe GL yang masuk ke pasar low MPV. Suzuki Ertiga GL AT banyak mencuri perhatian lantaran harganya yang cukup terjangkau dan sisi kenyamanan mobil yang cukup baik. Performa mobil juga dikategorikan sangat baik untuk harga 200 jutaan.

Spesifikasi Suzuki Ertiga GL AT

Mesin dengan kode K15B VVT tampaknya masih menjadi andalan untuk seri Ertiga. Kapasitasnya sebesar 1462 cc yang bertenaga 103 HP dan torsi maksimumnya sebesar 138 Nm. Mesin bersilinder 4 buah dengan katup DOHC sebayak 16 buah. Di tipe dengan transmisi otomatis, mobil ini meemiliki level 4 kecepatan. Suspensi belakang menggunakan torsion beam dan macpherson strut di bagian depannya.

Berbeda dengan Suzuki Ertiga Sport AT, dimensi mobil ini lebih kecil dengan panjang 4395 mm, lebar 1735 mm, tinggi  1690 mm, dan ketinggian dari tanahnya sejauh 180 mm. Sistem suplai bahan bakarnya adalah MPFI dengan kemampuan mencapai jarak 12 km per liter bahan bakar. Di perjalanan tol, mobil bisa lebih menghemat dengan menempuh jarak hingga 15 km/ liter.

Interior Suzuki Ertiga GL AT

Trim pintu menggunakan warna beige yang terang. Bahan yang digunakan masih plastik dengan lining warna abu-abu. Sayangnya hingga versi improvement, Suzuki tidak memberikan tambahan bahan kain untuk sisi arm-restnya. Hanle pintu bagian dalam juga masih menggunakan plastik berwarna beige, Sisi bawah pintu ada cup holder, door pocket, dan sebuah speaker.

MID mobil masih tampil monokrom, namun informasinya real-time dengan berbagai informasi sepert konsumsi BBM dan jam digital. Kemudi mobil masih tampil polos tanpaa audio steering switch kecuali bluetooth untuk telepon. Desain stir masih berupa 3 palang berwarna abu-abu dan tanpa bahan pelapis. Di belakang stir ada tuas untuk mengatur head lamp dan juga foglamp.

Tampilan head unit mobil masih menggunakan audio 2DIN. Fitur yang terdapat di bagian ini di antaranya adalah soket USB, AUX, dan radio AM/FM. Sementara spekaer teerdapat di bagian depan dan belakang. AC mobil tampil dengan dua kisi dan juga bisa berfungsi sebagai pemanas. Namun, pengaturannya masih manual dan tanpa adanya arah semburan.

Jok mobil dilapisi dengan bahan kain dengan kapasitas 7 penumpang. Warna jok juga beige dengan aksen abu-abu di bagian tengah. Pengaturan kursi hanya siliding dan reclining saja, tanpa adanya height adjuster. Selain ada head rest dan sabuk pengaman, kini mobil sudah mendapatkan hand-grip yang bisa dilipat di bagian atas kabin.

Exterior Suzuki Ertiga GL AT

Headlamp mobil masih meenggunakan berjenis halogeen, namun sudah proyektor. Desainnya memanjang ke samping namun menyipit di bagian depan. Di sisi bawah head lamp ada lampu kabut di seri yang sudah improvement. Berbeda dengan tipe GL yang keluar di awal 2012 karena belum ada lampu kabut sehingga dibiarkan kosong saja.

Suzuki memasang grille dengan beentuk garis putus-putus kecil. Berbeda dengan Suzuki Ertiga Sport MT yang grille-nya menggunakan warna hitam, mobil ini malah menggunakan krom sehingga tampilannya lebih terkesan mewah. Bagian bawah mobil ada bumper dengan warna hitam, apapun warna bodi mobilnya.

Baca Juga: Review Lengkap Suzuki Ertiga GX MT

Velg mobil masih tampil minimalis dengan jari-jari banyak. Warnanya single-tone silver karena dual-tone hanya ada di seri Sport. Ban mobil menggunakan Dunlop EC300+ dengan profil 185/65 R15. Spion obil dan handle pintu masih sewarna dengan bodi. Sein tambahan ada di bodi bagian samping begitu juga dengan emleem VVT.

Stop lamp, lampu mundur, dan sein masih meenggunakan halogen namun desainnya sama seperti Suzuki Ertiga GL MT. Bagian atas ada spoiler kecil dengan stop lamp tambahan. Bagian pintu sebelahh kanan terdapat emblem Ertiga GL. Sisi bawah ada dua sensor parkir berupa titik namun belum disertai kamera parkir.

Harga Suzuki Ertiga GL AT

Karena menjadi varian yang rendah, Suzuki Ertiga GL AT juga memiliki harga lebih rendah daripada Ertiga yang lainnya. Harga OTR untuk daerah Jabodetabek dimulai dari Rp 225 juta. Dari segi warna, semua jenis Ertiga yang dijual di Indonesia memiliki shades yang sama yakni merah, putih, hitam, cokelat, abu-abu dan silver.

Anda sedang berada di kota Solo? Ingin menikmati kota ini dengan kendaraan yang nyaman? Rental mobil Solo menyediakan kendaraan terbaik untuk keperluan anda.

Join the Conversation

2 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *