Suzuki Ertiga GA MT

Meskipun pada saat awal memperkenalkan Ertiga Suzuki memboyong tipe GL ke pasaran, namun mereka kembali mengeluarkan varian yang lebih rendah. Tipe ini adalah Suzuki Ertiga GA MT dengan fitur yang cukup minimalis namun desainnya sama seperti tipe GL dan GX. Mobil ini dibanderol paling murah juga sehingga banyak diminati oleh mereka yang mencari low cost MPV.

Spesifikasi Suzuki Ertiga GA MT

Termasuk tipe terendah sekalipun, Suzuki membekali mesin dengan kapasitas 1462 cc. Tipe yang digunakan adalah K15B yang didukung oleh VVT. Silinder mobil terdiri dari 4 buah dan 16 katup DOHC. Tenaga yang dihasilkan mesin sebesar 104 PS dengan nilai torsi sebesar 138 Nm. Keunggulan lain dari mobil ini adalah sudah ada modul ABS meskipun harganya sangat murah.

Mobil ini berdimensi panjang 4395 mm, leebar 1735 mm, tinggi 1690 mm dan ketinggian dari tanahnya 180 mm. Varian GA hanya memiliki satu jenis transmisi, yakni manual dengan 5 level kecepatan. Transmisi belakang menggunakan torsion beam dan macpherson strut sebagai suspensi depan. Konsumsi bahan bakarnya cukup irit, namun bukan yang terbaik di kelas MPV yakni 11.8 km/l.

Interior Suzuki Ertiga GA MT

Bagian dalam mobil tak memiliki perbedaan yang mencolok dengan tipe GL. Warna interior utamanya adalah beige dengan tambahan aksen abu-abu. Bagian pintu maish berbahan plastik semuanya, tanpa ada tambahan kain di sisi arm-rest. Di sisi pengemudi ada peengaturan window lock dan power door lock. Sementara di bagian bawah ada sebuah cup holder dan pocket.

Stir mobil menggunakan bahan plastik dan terdiri dari 3 palang. Bagian bawahnya sudah flat bottom yang sama dengan Suzuki Ertiga Sport MT. Sayangnya, desain masih polos tanpa adanya audio steering switch. Tampilan MID masih monokrom dengan berbagai informasi seperti jam digital dan konsumsi BBM. Pengaturan headlamp menggunakan tuas yang ada di balik kemudi.

Kekurangan mobil ini memang terletak pada bagian head unitnya. Tidak ada monitor maupun fitur hiburan yang bisa dimanfaatkan, namun ada cover yang dibiarkan kosong di tengahnya. Anda juga bisa menggantinya sebagai teempat penyimpanan serbaguna. Pengaturan AC masih manual dengan arah semburan yang hanya ke badan dan kaki.

Penumpang yang bisa ditampung oleh mobil ini adalah 7 orang. Joknya cukup empuk dengan warna beige, tetapi bahan kainnya tidak sehalus tipe GL. Seatbelt untuk penumpang masih bermodel fix, namun sudah ada airbag bagi penumpang depan. Masing-masing kursi juga mendapatkan headrest yang bisa diatur ketinggiannya. Kursi belum bisa diatur ketinggiannya.

Exterior Suzuki Ertiga GA MT

Sesudah dilakukan improvement pada tipe GA, tipe terbarunya kini sudah dilengkapi dnegan lampu halogen proyektor dan bukan lagi multireflektor. Lampu sein dan lampu jauhnya juga menggunakan halogen, namun sayang tidak ada DRL. Selain DRL, mobil juga tidak dilengkapi dengan foglamp sehingga covernya dibiarkan kosong.

Semua varian Ertiga dilengkapi dengan grille berdesain garis putus-putus yang menggunakan krom, kecuali varian Suzuk Ertiga Sport AT. Di bagian tengahnya terdapat logo Suzuki karna mesikpun murah, mobil ini bukanlah termasuk ke jejeran LCGC. Bagian bawah mobil juga sudah dilengkapi dengan bumper yang sewarna dengan bodi mobil.

Tampilan velg mobil tentunya tidak bisa disejajarkan dengan varian seharga di atas 200 jutaan. Velg masih menggunakan bahan kaleng seperti mobil-mobil komersil berwarna silver. Sementara profil bannya adalah 185/65 R15 Dunlop. Cover spion dan handle pintu berwarna sama dengan bodi mobil. Sein tambahan ada di bodi samping, berikut emblem VVT. Tampilan ini mirip dengan Suzuki Ertiga GL AT.

Baca Juga: Review Lengkap Suzuki Ertiga GX AT

Desain bagian belakang mobil lebih stylish daripada versi sebelumnya. Lampu belakang sudah menggunakan LED titik-titik dengan sein dan lampu mundur yang masih menggunakan halogen. Di pintu belakang ada emblem Ertiga GA. Meskipun belum ada kamera parkir, mobil ini sudah ada sensor parkir dua titik di bagian bawahnya.

Harga Suzuki Ertiga GA MT

Tak jarang yang berminat pada MPV yang satu ini karena harganya hanya sekitar Rp 193 juta saja untuk OTR Jabodetabek. Hanya Suzuki Ertiga GA MT yang menjadi varian Ertiga dengan harga di bawah 200 jutaan. Mobil ini cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian maupun untuk beepergian bersama keluarga.

Apakah anda ingin menyewa Toyota Alphard untuk keperluan anda di Semarang? Sewa Alphard Semarang akan memberikan kendaraan terbaik bagi anda dengan harga terbaik bagi anda.

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *